Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Post Ticker

6/recent/ticker-posts

You must rule it over

Ilustrasi: www.tolopmarbun.net
Hari ini Tuhan ingatkan saya tentang Kisah Kain dan Habel. Pertanyaan siapa yang berkuasa? Dosa berkuasa atas manusia? atau manusia berkuasa atas dosa? Kalau kita baca Kejadian pasal 4, kita akan menemukan kata "You must rule it over" (ESV). Dosa sudah "crouching" (berusaha masuk, atau seperti seorang mendobrak pintu, bukan hanya sekedar mengintip) ke dalam hati Kain. Tuhan berfirman bahwa Kain harus berkuasa atas dosa tersebut, tetapi  Kain mengabaikan peringatan Tuhan, Kain malah  mengentertain dosa tersebut, sehingga terjadilah dosa pembunuhan pertama.

Hidup di era digital ini sangat 'mengerikan' secara rohani, digital seharusnya dipakai untuk kebaikan manusia, tetapi disisilain juga iblis tidak berdiam diri, iblis juga memakai untuk kehancuran manusia. Di Era digital ini dosa crouching "extra-double" (istilah pribadi untuk mengambarkan kerja keras dosa). Sebelum era digital yang super canggih manusia jatu karena satu langkah (harus melangkah untuk bisa mengakses dosa), sekarang hanya butuh satu "sentuhan" atau "tab" untuk bisa mengakses dosa.

Semakin canggih hidup manusia, semakin canggih juga kerja dosa. Teknologi tidak bisa menghentikan misi Iblis (mencuri, membunuh, membinasakan), justru dia pakai teknologi untuk menghancurkan manusia. Sisi negatif era digital ini adalah membuat manusia kurang relational dan lebih digital oriented. Jika kita perhatikan di mal atau tempat-tempat umum, semua orang sibuk dengan gadgetnya. Mungkin ketika di rumah juga demikian, bahkan mungkin ada mereka bukan bicara langsung lagi, semua via BBM, WhatsApp, LINE atau KAKAO TALK, dll. 

Firman Tuhan yang sama berbicara kepada kita: YOU MUST RULE IT OVER. Secanggih apapun teknologi yang kita pakai, kita harus berkuasa. Kita tidak bisa dikuasi oleh teknologi, teknologi kita pakai untuk kebaikan kita dan kebaikan orang lain. 

Orang Kristen yang sudah Lahir Baru dan dipenuhi Roh Kudus harus memamfaatkan teknologi untuk menyebarkan Firman Tuhan, mengajarakan Firman Tuhan dan belajar Firman Tuhan. Oleh sebab itu pastikan setipa gadget anda memiliki applikasi Alkitab.  Saya ingat seorang hamba Tuhan ketika saya pelayanan di Afrika Selatan mengajarkan jemaatnya: "if your handphone does not have biblie, your cellpone is stone". Gadget harus dipakai untuk pertumbuhan rohani.

Kuncipnya jangan pernah "tab" hal-hal yang membawa anda jatuh ke dalam dosa, sekali anda "tab" maka dosa akan 'crouching extra-double' di hatimu, anda akan tergoda untuk memuaskan 'keinginan daging'. Anda akan diperhadapkan dengan pilihan: Berkuasa atau entertein. Jika anda berkuasa atas dosa, maka anda memiliki kesempatan untuk bertobat sebelum terjerat. Jika anda entertein maka anda kemungkinan akan terjerat.

Bila anda diberkati silahkan share di BBM, Email dan jaringan sosial anda. Bila anda memiliki pendapat lain silahkan post di kolom komentar.