Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Post Ticker

6/recent/ticker-posts

Bagaimana caranya untuk menjadi Murid Kristus yang sejati?

Pertanyaan ini sangat menarik, tetapi yang lebih menarik adalah Alkitab memberi jawaban yang mutlak. Oleh sebab itu saya tidak akan menjawab berdasarkan penafsiran tetapi berdasarkan yang tertulis di Alkitab.

Berikut adalah syarat-syarat menjadi Murid Yesus:
Yohanes 8:31  "Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku"

Jadi berdasarkan ayat ini menjadi murid Kristus yang sejati adalah dengan tinggal dalam Firman Tuhan. Tinggal dalam Firman Tuhan berarti hidup berdasarkan Firman Tuhan dan menyimpan Firman Tuhan dalam hati. Jadi orang-orang yang hidup berdasarkan Firman Tuhan yang menjadi Murid Kristus yang sejati.



Yohanes 13:35  Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." 
 
Yang Kedua berdasarkan ayat ini adalah "saling mengasihi". Mengasihi bukan hanya dengan perkataan tetapi dengan perbuatan. Kasih adalah perbuatan dan pengorbanan. Yesus sudah memberikan teladan bagaimana cara mengasihi. Tidak semua orang harus membuktikan kasih dengan mengorbankan nyata, tetapi mengorbankan apa yang dimiliki. Jadi orang saling mengasihi yang bisa menjadi Murid Kristus yang sejati.

Yohanes 15:8  Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

Jika mau menjadi murid Yesus yang sejati harus berbuah banyak; buah pertobatan, buah pelayanan dan buah Roh. syarat yang ketiga adalah menghasil buat sebanyak mungkin, jika tidak demikian akan ditebang. Bagaimanca caranya berbuah? dengan menyatu dengan Pokok Anggur. (Yohanes 15)

Lukas 14:26  "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Ayat ini tidak bisa ditafsirkan secara hurufiah atau literal. Karena akan bertentangan dengan syarat harus saling mengasihi. Konteksnya adalah jika mengikut Yesus maka harus memprioritaskan Yesus terlebih dahulu baru keluarga. Jika kita diperintahkan untuk mengasihi orang lain, apalagi keluarga kita. Yang kedua: jika keluarga menjadi penghalang mengikut Yesus, maka harus memutuskan mengikuti Yesus terlebih dahulu, kemudian memperbaiki hubungan dengan keluarga.

Lukas 14:27  Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Memikul salibnya. Sering orang berpikir ini adalah salib Yesus. katanya "nya" disini adalah kecil, bukan "Nya", jika kalimat ini menunjukan kepada salib Yesus, maka Yesus akan berkata "memikul salib-Ku". Jadi adalah salib manusia. Salib bisa menjelaskan penderitaan mengikut Yesus. Mengikut Yesus tidak ada jaminan bebas dari pendertiaan (fisik atau psikologi). Jadi kalau mau menjadi Murid Kristus harus memikul salib sendiri.

Lukas 14:33  Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Ayat ini menegaskan bahwa kita tidak bisa diikat oleh apa yang kita miliki. Kita harus lepas dari segala keterikatan, kita harus bebas mengikut Yesus tanpa ada ikatan.

Bila anda mendapat ayat-ayat yang lain di Alkitab tentang Murid Kristus yang sejati, silahkan post dalam komentar.









ADSPACE || SPACE FOR RENT