Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Post Ticker

6/recent/ticker-posts

Logos VS. Rhema

(Update 11-12-2022)

Beberapa tahun silam saya mendengar seorang pengkotbah berkata: "Firman Tuhan itu harus menjadi rhema dalam hidup kita". Karena kurang mendalami arti kata tersebut, maka saya percaya saja. Bahkan saya juga berkhotbah demikian termasuk ketika berdoa. Lalu yang tepat yang mana?

Dalam Kitab Matius Yesus mengunakan kata RHEMA.

    * Matius 4:4, 
    "Tetapi Yesus menjawab: 'Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman (RHÊMA) yang keluar dari mulut Allah.'"

    * Matius 5:11, 
    "Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan (RHÊMA) segala yang jahat."

    * Matius 12:36, 
    "Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata (RHÊMA) sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman."

    * Matius 18:16, 
    "Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan (RHÊMA) dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan."

    * Matius 26:75, 
    "Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan (RHÊMA) Yesus kepadanya: 'Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.' Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya."

    * Matius 27:14, 
    "Tetapi Ia tidak menjawab suatu katapun (RHÊMA), sehingga wali negeri itu sangat heran."



Dalam Yohanes 1:1-3 Kata yang dipakai Allah Logos.

Dalam Bahasa Indonesia Rhema adalah perkataan, sedangkan Firman adalah Logos. Secara pengertian Rhema dan Logos adalah sama.

Perbedaannya?
Yesus adalah LOGOS, Segala sesuatu yang diciptakan di bumi ini diciptakan oleh LOGOS. Jadi Logos adalah Yesus sendiri. Yesus tidak bisa disebut sebagai Rhema, tetapi Logos berdasarkan Yohanes 1:1-3.

Untuk lebih jelas silahkan simak video berikut ini: